Ø
Pengertian dari e-bisnis
Bisnis berbasis online (E-business) adalah kegiatan bisnis yang
dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti
komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara
online melalui tokopedia, bukalapak.
Ø
Keuntungan dari e-bisnis antara
lain:
1. Efisiensi
Selain
dapat meminimalisasi biaya operasional, penggunaan layanan internet tidak
dibatasi jarak dan waktu, sehingga dapat diakses siapa saja dan di mana saja.
2. Efektifitas
Dengan menggunakan e-bisinis perusahaan mampu berhubungan langsung dengan konsumen sehingga perusahaan tidak perlu bersusah payah dalam mendapatkan pelanggan.
Dengan menggunakan e-bisinis perusahaan mampu berhubungan langsung dengan konsumen sehingga perusahaan tidak perlu bersusah payah dalam mendapatkan pelanggan.
3. Jangkauan
Dengan menggunakan e-bisnis Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga pelanggan lebih nyaman dan aman dalam menggunakan jasa yang di tawarkan.
Dengan menggunakan e-bisnis Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga pelanggan lebih nyaman dan aman dalam menggunakan jasa yang di tawarkan.
4. Struktur
Struktur dari penggunaan jasa menjadi lebih teratur karena konsumen/client dapat melihat di website/aplikasi terkait cara penggunaan proses bisnis.
Struktur dari penggunaan jasa menjadi lebih teratur karena konsumen/client dapat melihat di website/aplikasi terkait cara penggunaan proses bisnis.
5. Peluang
Berpeluang untuk menciptakan ruang keja untuk pada administrator dan developer dan enginer serta peluang untuk menciptakan inovasi baru menggunakan teknologi.
Berpeluang untuk menciptakan ruang keja untuk pada administrator dan developer dan enginer serta peluang untuk menciptakan inovasi baru menggunakan teknologi.
Ø Strategi-strategi
dalam e-bisnis
1. ERP (Enterprise Resource
Planning)
Merupakan strategi bisnis dari
sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk berkoordinasi mengenai
sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.
2. EAI (Enterprise
Application Programs)
Merupakan strategi bisnis
menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan
dapat bertukar informasi.
3. CRM (Customer Relationship
Management)
Merupakan strategi bisnis dari
layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk meningkatkan
keuntungan dan kepuasan para konsumen.
4. SCM (Supply Chain
Management)
Merupakan strategi manajemen
mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.
If you do build a great experience, customers tell each other
about that. Word of mouth is very powerful.
-Jeff Bezos-
Komentar
Posting Komentar