Langsung ke konten utama

Menggandakan Objek pada Unity

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara menggandakan gameObject (objek) pada Unity. Untuk menggandakan sebuah/beberapa objek dalam Unity, akan digunakan sebuah asset pada unity yang disebut dengan Prefab. Prinsip prefab  adalah reusable, maksudnya adalah dimungkinkanya penggunakan objek yang sama secara berulang-ulang.
Untuk lebih mengenal terkait dengan prefab, silakan ikuti langkah berikut:
Langkah 1 : Setelah masuk dalam projek Unity, buatlah gameObject. Mula-mula buatlah sebuah GameObjet plane dengan cara klik(kiri) pada jendela Hierarchy à3D Object à Plane atau klik (kiri) pada menu GameObject à3D Object à Plane.


Dan lakukan cara yang sama untuk membuat GameObject Sphere (bola), sehingga hasilnya seperti ini:
Langkah 2 : Menggunakan asset prefab. Prefab  dapat dibuat dengan cara klik(kiri) pada tempat kosong dalam jendela Assets à Create à Prefab atau klik(kiri) Menu Assets à Create à Prefab, setelah itu berilah sebuah nama (misal: prefabBola).
Maka akan terbentuk sebuah Asset baru (prefab) sebagai ini:
Langkah 3 : Menggunakan prefab untuk menggandakan objek.  Caranya adalah dengan drag & drop objek dari jendela hierarchy yang akan digandakan ke dalam prefab di jendela Assets (misal : dalam kasus ini yang akan digandakan adalah objek Sphere atau bola yang sebelumnya telah dibuat).
Jika berhasil, maka gambar asset prefab yang semula adalah kotak persegi empat akan berubah menjadi bentuk bola seperti ini:
Selanjutnya adalah menggunakan prefab tersebut untuk membuat objek yang sama (menggandakan), dengan cara drag & drop prefab dari jendela Assets ke screen Scene.
Dengan begitu tidak perlu lagi membuat objek yang sama secara berulang-ulang, cukup dengan menggunakan asset prefab maka objek akan lebih mudah diperbanyak.

  • Lalu bagaimana dengan penggandaan objek saat game dijalankan?

Untuk itu diperlukan script pembantu agar dapat menggandakan objek, langkahnya adalah sebagai berikut:
Langkah 1: Membuat file script (C# Script). Script dapat dibuat dengan cara klik(kiri) pada tempat kosong dalam jendela Assets à Create à C# Script atau klik(kiri) Menu Assets à Create à C# Script. Kemudian berilah sebuah nama (misal: GandakanBola.cs).
Langkah 2: Modifikasi file script. Modifikasilah file C# script yang sebelumnya telah dibuat menjadi seperti ini:
(Penjelasan dapat ditemukan dengan mengikuti dokumentasi di bawah)
Langkah 3: Setting posisi objek. Sebelum menggunakan file script yang tadi dibuat, diperlukan lingkungan atau objek yang mendukung, karena jika asal menggandakan sebuah objek nanti akan menyebabkan terjadinya himpitan objek di mana objek satu dengan yang lain saling bertindihan di posisi yang sama. Untuk lebih jelasnya marilah buat sebuah plane secara manual dengan cara yang sebelumnya telah di praktikkan, kemudian biarkan lah plane yang dibuat tetap melayang dan ubahlah ukuran plane menjadi lebih kecil dan miringkan (menggunakan rotate tool). Sehingga menjadi seperti ini:
Langkah 4 : Gunakan script pada objek. Use atau menggunakan script (GandakanBola.cs) objek pada objek manapun dengan cara drag & drop (misal: dalam kasus ini script digunakan pada objek Main Camera)
Setelah digunakan isikan value dari variabel TempatJatuh dan Bola, variabel ini memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Variabel Bola berperan untuk memilih objek mana yang kan digandakan dan variabel TempatJatuh berperan untuk menentukan di mana posisi objek akan digandakan (hal ini diatur dalam script GandakanBola.cs line 22-25). Pada kasus ini objek yang akan digandakan adalah objek bola jadi di sini dipilih PrefabBola dan posisi objeknya akan berada tepat di atas plane (1),  maka logikanya bola akan mengikuti gaya gravitasi dan menggelinding ke bawah (tidak ada objek yang bertindihan).
Langkah 5 : Membuat objek tampak nyata. Pada proses ini jika program mulai dijalankan coba lah tekan tombol “Buat Bola” untuk menduplikat objek bola. Hasilnya ternyata bola tidak jatuh ketanah dan tetap mengambang di udara, menyebabkan bola yang hasil duplikat yang semula dikira akan menggelinding ke bawah ternyata tidak.
Objek bertindihan sehingga terlihat objek hanya ada satu, padahal aslinya ada lebih dari satu, disebabkan karena posisi yang sama satu antara yang lain.
Untuk membuat objek jatuh ke tanah dan menghindari duplikat objek yang saling bertindihan kita datap menggunakan Component Rigibody. Rigibody adalah salah satu komponen untuk objek yang berfungsi memberikan berat pada objek sehingg seolah objek dapat jatuh mengikuti gaya gravitasi. Caranya adalah seperti ini: Klik (kiri) pada objek (PrefabBola) à Pada jendela Inspector pilih Add Component à Physics à Rigibody


Karena semua bola yang ada di game tersebut merupakan hasil dari PrefabBola,  jadi cukup dengan membuat Rigibody pada PrefabBola maka semua objek bola yang ada pada game tersebut akan memiliki sifat yang sama.
Setelah itu pastikan pada bagian use gravity telah terceklis, fitur ini mengatur objek akan mengikuti gaya gravitasi atau tidak.
Langkah 6 : Test program. Jalankan program dan lihat hasilnya, yang awalnya bola tetap melayanng di udara menjadi jatuh ke tanah mengikut gaya gravitasi karena penggunaan rigibody.
Lalu cobalah untuk menggandakan bola dengan menekan tombol “Buat Bola”, maka bola akan menggelinding ke arah bawah.
Pada script ditentukan waktu bola yang diduplikat hanya 5 detik ( Destroy(temp, 5); ), jadi setelah 5 detik bola hasil duplikat akan hilang otomatis, hal ini merupakan bentuk penghematan memory dalam game. Juga pada script pemicu yang dapat menggandakan bola tidak hanya tombol “Buat Bola” namun juga dengan menekan tombol “Space bar” pada keyboard juga dapat menduplikat bola ( if(GUILayout.Button("Buat Bola") || Input.GetKey(KeyCode.Space)) ).

Demikian dokumentasi kali ini, Terima Kasih~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Biografi Terbaik

Film Biografi adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. Pada dasanya, Film Biografi menceritakan tentang kejadian-kejadian yang dialami sang Tokoh dalam hidupnya, biasanya kehidupan sang tokoh dijelaskan secara lengkap sejak kecil sampai tua, bahkan beberapa film menjelaskan hingga sang tokoh meninggal dunia. Berikut Film Biografi Terbaik versi saya. 1.  The Imitation Game (2014) The Imitation Game adalah film cerita seru sejarah Britania Raya tahun 2014 mengenai Alan Turing, seorang matematikawan, logikawan, kriptoanalis, dan ilmuwan komputer Inggris, tokoh yang berperan penting dalam membajak kode Enigma Jerman Nazi yang membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II, ia kemudian dituntut secara pidana karena mengaku sebagai homoseksual. Film disutradarai oleh Morten Tyldum, dengan skenario d...

Komputer Ada Disemua Tempat

Komputer adalah sebuah alat yang dapat membantu meringankan ataupun  menggantikan  perkerjaan manusia. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “ Computare ” yang berarti “ Menghitung ”. Tetapi seiring perkembangan zaman, komputer tidak lagi hanya sebagai alat untuk menghitung. Tetapi digunakan diberbagai aspek kehidupan diantaranya : 1. Aspek pendidikan Misalnya penggunaan sistem E-learning dalam proses pembelajaran, adanya kelas-kelas/kursus secara online sampai pelaksaan ujian/tes berbasis komputer. 2.  Aspek transportasi Pada aspek ini contohnya adalah lampu lalu lintas, sistem GPS ( Global Positioning System ), penggunaan E-toll pada gerbang tol hingga sistem  auto pilot  di pesawat. 3.  Aspek kesehatan Pernahkah kamu melihat hasil dari  sinar-X  ? itu merupakan salah satu manfaat dari pemanfaatan komputer diaspek kesehatan, contoh lainya adalah MRI ( Magnetic Resonance Imaging)  yang digunakn untu...

K3 Dalam Menggunakan Komputer

Keselamatan Kesehatan Kerja atau yang biasa disebut dengan K3 adalah upaya perlindungan yang ditunjukan agar tenaga kerja (pekerja) dan orang lain di tempat kerja atau perusahaan selalu dalam keadaan selamat dan sehat, serta agar setiap produksi dapat digunakan secara aman dan efisien (Kepmenaker Nomor. 463/MEN/1993). Pada hal ini saya akan sedikit mengulas mengenai dampak penggunaan komputer dalam bidang Kesehatan. Penggunaan komputer dalam proses kerja mempunyai banyak dampak positif, namun penggunaan komputer juga memiliki dampak negatif yang banyak pula (tergantung dengan pola tenaga kerja dalam berkerja sehari-hari) khususnya dalam bidang kesehatan.              ·         Dampak Positif 1.     Ditemukanya peralatan kedokteran canggih seperti pengukur tensi darah digital dan sinar-X. 2.     Alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak misalnya mata buatan, ginjal...