Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai karakter & animasi 3D. Sebelum masuk pada materi disarankan untuk menyiapkan (unduh dan atau install) file berikut:
Jika kedua file di atas telah ada, langsung saja masuk pada pembahasan kali ini. Garis besar dari dokumentasi kali ini adalah membuat dan merangkai karakter (Kiky si Kancil) agar dapat melakukan sesuatu (berjalan, melompat, berlari, dan lainya). Dokumentasi kali ini juga akan berlanjut ke pembahasan kita pada dokumentasi yang akan datang, jadi mulai dari saat ini kita akan membuat suatu aplikasi (game) yang cukup kompleks, mulai dari desain karakter, ruang/tempat, pengaturan lawan, dan lainya secara bertahap.
Langkah 1: Import Asset Karakter (Kiky si Kancil)
Hal ini dapat dilakukan dengan klik (kiri) menu Asset à Import Package à Custom Package.
Kemudian cari lokasi asset yang akan diimport ke dalam projek kita lalu pilih Open.
Setelah klik tombol Open, pada aplikasi Unity akan menampilkan/memunculkan opsi import package, silakan klik pada tombol All (menyatakan semua file dalam package akan diimport ke dalam projek) lalu pilih import.
Hasilnya akan menampilkan asset Karakter (Kiky si Kancil) dalam bentuk folder sebagai berikut:
Langkah 2: Import karakter (Kiky si Kancil) kedalam game
Langkah ini dapat dilakukan dengan cara drag&drop langsung ke dalam jendela Scene, dimulai dengan masuk kefolder atau Assets à Kiky Si Kancil à Model lalu drag&drop ‘UnitySiKancilX.blend’ kedalam jendela Scene.
Hasilnya akan menampilkan model karakter Kiky Si Kancil pada jendela Scene, setelah berhasil mengimport karakter selanjutnya adalah mengimport material untuk karakter tersebut dengan cara yang sama, drag&drop file texture pada folder/assets Kiky Si Kancil ke karakter Kiky si Kancil yang sebelumnya telah diimport.
Jika berhasil, hasil karakter & material/teksturenya akan tampak seperti berikut:
Langkah 3: Setting karakter (Kiky si Kancil) – Membuat Kontroller
Untuk membuat karakter controller, dapat dilakukan dengan cara klik game object ‘UnitySiKancilX’ pada jendela Hierarchy lalu lihat jendela Inspector pada layar kiri Unity. Kemudian ikuti langkah berikut : Pilih Add Component à Physics à Character Controller.
Kemudian atur radius dan height nya agar mengelilingi karakter (dapat dilihat pada jendela Scene), radius dan height untuk Kiky si Kancil yang optimal sebagai berikut:
Langkah 4: Setting karakter (Kiky si Kancil) – Membuat Animasi
Pada langkah ini animasi telah ada, jadi yang dilakukan hanyalah menyusun animasi yang sebelumnya telah ada agar dapat digunakan dalam game. Pertama masuk ke dalam folder Assets à Kiky Si Kancil à Animator, Lalu klik pada KikyController.controller, setelah itu akan terbuka jendela Animator.
Masukkan/import motion untuk setiap animasi, untuk Idle masukkan animasi KancilIdle dan untuk Run masukkan animasi KancilRun.
Selanjutnya adalah gunakan KikyController.controller yang telah disetting sebelumnya kedalam game object ‘UnitySiKancilX’ sebagai berikut:
Langkah 5: Setting karakter (Kiky si Kancil) – Gunakan Script (C# Script)
Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, pada langkah ini file script telah tersedia pada Assets à Kiky Si Kancil à Script, sehingga kita tinggal menggunakanya untuk game dengan cara drag&drop ke game objek ‘UnitySiKancilX’ sebagai berikut:
Hasil dan pengaturan script tersebut (KikyScript.cs) dapat dilihat melalui jendela Inspector objek ‘UnitySiKancilX’
Langkah 6: Setting Kamera
Pengaturan kamera diletakkan dibelakang karakter (third person) sebagai berikut:
Terakhir adalah menjadikan objek kamera (Main Camera) menjadi child dari parent object ‘UnitySiKancilX’ dengan cara drag&drop ke game objek ‘UnitySiKancilX’ sebagai berikut:
Sampai pada langkah ini game telah dapat dijalankan, dan karakter dapat digerakkan sesuai dengan aksinya.
Demikian dokumentasi kali ini, Terima Kasih~
Komentar
Posting Komentar