Langsung ke konten utama

Karakter & Animasi 3D



Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai karakter & animasi 3D. Sebelum masuk pada materi disarankan untuk menyiapkan (unduh dan atau install) file berikut:
          
           1.       Aplikasi Blender (https://www.blender.org/download)
           2.       Asset Kiky si Kancil (https://drive.google.com/open?id=13Sty5LweVApA3d-C_4_dpDFmPmMkQtN_)

Jika kedua file di atas telah ada, langsung saja masuk pada pembahasan kali ini. Garis besar dari dokumentasi kali ini adalah membuat dan merangkai karakter (Kiky si Kancil) agar dapat melakukan sesuatu (berjalan, melompat, berlari, dan lainya). Dokumentasi kali ini juga akan berlanjut ke pembahasan kita pada dokumentasi yang akan datang, jadi mulai dari saat ini kita akan membuat suatu aplikasi (game) yang cukup kompleks, mulai dari desain karakter, ruang/tempat, pengaturan lawan, dan lainya secara bertahap.

Langkah 1: Import Asset Karakter (Kiky si Kancil)
Hal ini dapat dilakukan dengan klik (kiri) menu Asset à Import Package à Custom Package.
Kemudian cari lokasi asset yang akan diimport ke dalam projek kita lalu pilih Open.
Setelah klik tombol Open, pada aplikasi Unity akan menampilkan/memunculkan opsi import package, silakan klik pada tombol All (menyatakan semua file dalam package akan diimport ke dalam projek) lalu pilih import.
Hasilnya akan menampilkan asset Karakter (Kiky si Kancil) dalam bentuk folder sebagai berikut:
Langkah 2: Import karakter (Kiky si Kancil) kedalam game
Langkah ini dapat dilakukan dengan cara drag&drop langsung ke dalam jendela Scene, dimulai dengan masuk kefolder atau Assets à Kiky Si Kancil à Model lalu drag&drop ‘UnitySiKancilX.blend’ kedalam jendela Scene.
Hasilnya akan menampilkan model karakter Kiky Si Kancil pada jendela Scene, setelah berhasil mengimport karakter selanjutnya adalah mengimport material untuk karakter tersebut dengan cara yang sama, drag&drop file texture pada folder/assets Kiky Si Kancil ke karakter Kiky si Kancil yang sebelumnya telah diimport.
Jika berhasil, hasil karakter & material/teksturenya akan tampak seperti berikut:
Langkah 3: Setting karakter (Kiky si Kancil) – Membuat Kontroller
Untuk membuat karakter controller, dapat dilakukan dengan cara klik game object ‘UnitySiKancilX’ pada jendela Hierarchy lalu lihat jendela Inspector pada layar kiri Unity. Kemudian ikuti langkah berikut : Pilih Add Component à  Physics à Character Controller.
Kemudian atur radius dan height nya agar mengelilingi karakter (dapat dilihat pada jendela Scene), radius dan height untuk Kiky si Kancil yang optimal sebagai berikut:
Langkah 4: Setting karakter (Kiky si Kancil) – Membuat Animasi
Pada langkah ini animasi telah ada, jadi yang dilakukan hanyalah menyusun animasi yang sebelumnya telah ada agar dapat digunakan dalam game. Pertama masuk ke dalam folder Assets à Kiky Si Kancil à Animator, Lalu klik pada KikyController.controller, setelah itu akan terbuka jendela Animator.
Masukkan/import motion untuk setiap animasi, untuk Idle masukkan animasi KancilIdle dan untuk Run masukkan animasi KancilRun.
 
Selanjutnya adalah gunakan KikyController.controller yang telah disetting sebelumnya kedalam game object ‘UnitySiKancilX’ sebagai berikut:
Langkah 5: Setting karakter (Kiky si Kancil) – Gunakan Script (C# Script)
Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, pada langkah ini file script telah tersedia pada Assets à Kiky Si Kancil à Script, sehingga kita tinggal menggunakanya untuk game dengan cara drag&drop ke game objek ‘UnitySiKancilX’ sebagai berikut:
Hasil dan pengaturan script tersebut (KikyScript.cs) dapat dilihat melalui jendela Inspector objek ‘UnitySiKancilX’
Langkah 6: Setting Kamera
Pengaturan kamera diletakkan dibelakang karakter (third person) sebagai berikut:
Terakhir adalah menjadikan objek kamera (Main Camera) menjadi child dari parent object ‘UnitySiKancilX’ dengan cara drag&drop ke game objek ‘UnitySiKancilX’ sebagai berikut:
Sampai pada langkah ini game telah dapat dijalankan, dan karakter dapat digerakkan sesuai dengan aksinya.

Demikian dokumentasi kali ini, Terima Kasih~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Biografi Terbaik

Film Biografi adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. Pada dasanya, Film Biografi menceritakan tentang kejadian-kejadian yang dialami sang Tokoh dalam hidupnya, biasanya kehidupan sang tokoh dijelaskan secara lengkap sejak kecil sampai tua, bahkan beberapa film menjelaskan hingga sang tokoh meninggal dunia. Berikut Film Biografi Terbaik versi saya. 1.  The Imitation Game (2014) The Imitation Game adalah film cerita seru sejarah Britania Raya tahun 2014 mengenai Alan Turing, seorang matematikawan, logikawan, kriptoanalis, dan ilmuwan komputer Inggris, tokoh yang berperan penting dalam membajak kode Enigma Jerman Nazi yang membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II, ia kemudian dituntut secara pidana karena mengaku sebagai homoseksual. Film disutradarai oleh Morten Tyldum, dengan skenario d...

Komputer Ada Disemua Tempat

Komputer adalah sebuah alat yang dapat membantu meringankan ataupun  menggantikan  perkerjaan manusia. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “ Computare ” yang berarti “ Menghitung ”. Tetapi seiring perkembangan zaman, komputer tidak lagi hanya sebagai alat untuk menghitung. Tetapi digunakan diberbagai aspek kehidupan diantaranya : 1. Aspek pendidikan Misalnya penggunaan sistem E-learning dalam proses pembelajaran, adanya kelas-kelas/kursus secara online sampai pelaksaan ujian/tes berbasis komputer. 2.  Aspek transportasi Pada aspek ini contohnya adalah lampu lalu lintas, sistem GPS ( Global Positioning System ), penggunaan E-toll pada gerbang tol hingga sistem  auto pilot  di pesawat. 3.  Aspek kesehatan Pernahkah kamu melihat hasil dari  sinar-X  ? itu merupakan salah satu manfaat dari pemanfaatan komputer diaspek kesehatan, contoh lainya adalah MRI ( Magnetic Resonance Imaging)  yang digunakn untu...

K3 Dalam Menggunakan Komputer

Keselamatan Kesehatan Kerja atau yang biasa disebut dengan K3 adalah upaya perlindungan yang ditunjukan agar tenaga kerja (pekerja) dan orang lain di tempat kerja atau perusahaan selalu dalam keadaan selamat dan sehat, serta agar setiap produksi dapat digunakan secara aman dan efisien (Kepmenaker Nomor. 463/MEN/1993). Pada hal ini saya akan sedikit mengulas mengenai dampak penggunaan komputer dalam bidang Kesehatan. Penggunaan komputer dalam proses kerja mempunyai banyak dampak positif, namun penggunaan komputer juga memiliki dampak negatif yang banyak pula (tergantung dengan pola tenaga kerja dalam berkerja sehari-hari) khususnya dalam bidang kesehatan.              ·         Dampak Positif 1.     Ditemukanya peralatan kedokteran canggih seperti pengukur tensi darah digital dan sinar-X. 2.     Alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak misalnya mata buatan, ginjal...