Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai karakter pada unity. Umumnya sudut pandang dalam game terbagi menjadi dua(2) jenis, yaitu: First Person dan Third Person. Baik First person maupun third person, memiliki keunggulanya masing-masing. Jika pada dokumentasi sebelumnya (Shooting Target: https://mudiidea.blogspot.com/2020/05/membuat-game-fps-sederhanda-menggunakan.html) kita menggunakan sudut first-person, maka sekarang sudut pandang yang akan digunakan adalah Third Person.
Sebelum itu, pada kesempatan sebelumnya (Terrain 3D: https://mudiidea.blogspot.com/2020/05/mengenal-apa-itu-terrain-3d-pada-unity.html) juga telah dijelaskan cara penggunaan asset dari Unity Asset Store (https://assetstore.unity.com) pada terrain, hal yang sama juga akan dipraktekkan pada kesempatan kali ini. Kali ini asset yang digunakan adalah asset ‘Standard Assets’ (Wajib) dan ‘World Builder’ (Opsional).
Jika kita sudah pernah mengunduh kedua asset tersebut, silahkan import pada saat akan membuat projek baru, dengan cara:
Maka hasil assetnya akan seperti di bawah ini:
Jika belum pernah mengunduh asset tersebut silakan cari dalam Unity Asset Store (https://assetstore.unity.com) dengan keyword : ‘Standard Assets’ dan ‘World Builder’.
Standard Assets digunakan untuk keperluan karakter Third Person, karena dalam asset ini kita dapat menggunakan karakter third person yang telah didesain sedemikian rupa sehingga kita tinggal menggunakanya (tanpa membuatnya dari nol).
World Builder digunakan untuk keperluan desain tempat, penggunaan asset ini tidak akan diulas dengan detail karena telah diulas sebelumnya pada materi Terrain 3D: https://mudiidea.blogspot.com/2020/05/mengenal-apa-itu-terrain-3d-pada-unity.html
Selanjutnya adalah membuat tempat untuk karakter, maka dari itu digunakan sebuah terrain dengan cara klik menu GameObject à 3D Object à Terrain.
Desainlah terrain tersebut menggunakan asset ‘World Builder’ yang telah diunduh sebelumya, sehingga menjadi seperti berikut:
(Materi lengkap Terrain 3D: https://mudiidea.blogspot.com/2020/05/mengenal-apa-itu-terrain-3d-pada-unity.html)
Setelah mendesain tempat, sekarang bukalah asset ‘Standard Assets’ yang telah diunduh lalu masuh ke folder/direktori : Standard Assets à Characters à ThirdPersonCharacter à Prefab kemudian pilih Third PersonController.prefab. Lakukan drag & drop pada prefab tersebut ke dalam jendela scene.
Hasilnya adalah karakter 3 dimensi sebagai berikut:
Langkah selanjutnya adalah mengatur posisi kamera agar dibelakangi oleh karakter atau tepat dibelakang karakter seolah sedang melihat karakter dari belakang.
Langkah terakhir adalah mengatur kamera agar menjadi child dari objek ThirdPersonController, lakukanlah dengan cara drag & drop objek MainCamera ke objek ThirdPersonController, secara otomatis objek yang di drag & drop.akan menjadi child pada jendela Hierarchy.
Dengan begitu setiap ada pergerakan dari karakter dalam game (yang diatur dalam objek ThirdPersonController) maka akan diikuti oleh pergerakan kamera (yang diatur dalam objek MainCamera)
Cobalah jalankan game, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
Demikian dokumentasi kali ini, Terima Kasih~
Komentar
Posting Komentar