Langsung ke konten utama

Karakter Third Person

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai karakter pada unity. Umumnya sudut pandang dalam game terbagi menjadi dua(2) jenis, yaitu: First Person dan Third Person. Baik First person maupun third person, memiliki keunggulanya masing-masing. Jika pada dokumentasi sebelumnya (Shooting Target: https://mudiidea.blogspot.com/2020/05/membuat-game-fps-sederhanda-menggunakan.html) kita menggunakan sudut first-person, maka sekarang sudut pandang yang akan digunakan adalah Third Person.

Sebelum itu, pada kesempatan sebelumnya (Terrain 3D: https://mudiidea.blogspot.com/2020/05/mengenal-apa-itu-terrain-3d-pada-unity.html) juga telah dijelaskan cara penggunaan asset dari Unity Asset Store (https://assetstore.unity.com) pada terrain, hal yang sama juga akan dipraktekkan pada kesempatan kali ini. Kali ini asset yang digunakan adalah asset ‘Standard Assets’ (Wajib) dan ‘World Builder’ (Opsional).
Jika kita sudah pernah mengunduh kedua asset tersebut, silahkan import pada saat akan membuat projek baru, dengan cara:
Maka hasil assetnya akan seperti di bawah ini:
Jika belum pernah mengunduh asset tersebut silakan cari dalam Unity Asset Store (https://assetstore.unity.com) dengan keyword : ‘Standard Assets’ dan ‘World Builder’.
 
Standard Assets digunakan untuk keperluan karakter Third Person, karena dalam asset ini kita dapat menggunakan karakter third person yang telah didesain sedemikian rupa sehingga kita tinggal menggunakanya  (tanpa membuatnya dari nol).
World Builder digunakan untuk keperluan desain tempat, penggunaan asset ini tidak akan diulas dengan detail karena telah diulas sebelumnya pada materi Terrain 3D: https://mudiidea.blogspot.com/2020/05/mengenal-apa-itu-terrain-3d-pada-unity.html

Selanjutnya adalah membuat tempat untuk karakter, maka dari itu digunakan sebuah terrain dengan cara klik menu GameObject à 3D Object à Terrain.
Desainlah terrain tersebut menggunakan asset ‘World Builder’ yang telah diunduh sebelumya, sehingga menjadi seperti berikut:
Setelah mendesain tempat, sekarang bukalah asset ‘Standard Assets’ yang telah diunduh lalu masuh ke folder/direktori : Standard Assets à Characters à ThirdPersonCharacter à Prefab kemudian pilih Third PersonController.prefab. Lakukan drag & drop pada prefab tersebut ke dalam jendela scene.
Hasilnya adalah karakter 3 dimensi sebagai berikut:
Langkah selanjutnya adalah mengatur posisi kamera agar dibelakangi oleh karakter atau tepat dibelakang karakter seolah sedang melihat karakter dari belakang.
 
Langkah terakhir adalah mengatur kamera agar menjadi child dari objek ThirdPersonController, lakukanlah dengan cara drag & drop objek MainCamera ke objek ThirdPersonController, secara otomatis objek yang di drag & drop.akan menjadi child pada jendela Hierarchy.
Dengan begitu setiap ada pergerakan dari karakter dalam game (yang diatur dalam objek ThirdPersonController) maka akan diikuti oleh pergerakan kamera (yang diatur dalam objek MainCamera)
 
Cobalah jalankan game, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
 

Demikian dokumentasi kali ini, Terima Kasih~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Biografi Terbaik

Film Biografi adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. Pada dasanya, Film Biografi menceritakan tentang kejadian-kejadian yang dialami sang Tokoh dalam hidupnya, biasanya kehidupan sang tokoh dijelaskan secara lengkap sejak kecil sampai tua, bahkan beberapa film menjelaskan hingga sang tokoh meninggal dunia. Berikut Film Biografi Terbaik versi saya. 1.  The Imitation Game (2014) The Imitation Game adalah film cerita seru sejarah Britania Raya tahun 2014 mengenai Alan Turing, seorang matematikawan, logikawan, kriptoanalis, dan ilmuwan komputer Inggris, tokoh yang berperan penting dalam membajak kode Enigma Jerman Nazi yang membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II, ia kemudian dituntut secara pidana karena mengaku sebagai homoseksual. Film disutradarai oleh Morten Tyldum, dengan skenario d...

Komputer Ada Disemua Tempat

Komputer adalah sebuah alat yang dapat membantu meringankan ataupun  menggantikan  perkerjaan manusia. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “ Computare ” yang berarti “ Menghitung ”. Tetapi seiring perkembangan zaman, komputer tidak lagi hanya sebagai alat untuk menghitung. Tetapi digunakan diberbagai aspek kehidupan diantaranya : 1. Aspek pendidikan Misalnya penggunaan sistem E-learning dalam proses pembelajaran, adanya kelas-kelas/kursus secara online sampai pelaksaan ujian/tes berbasis komputer. 2.  Aspek transportasi Pada aspek ini contohnya adalah lampu lalu lintas, sistem GPS ( Global Positioning System ), penggunaan E-toll pada gerbang tol hingga sistem  auto pilot  di pesawat. 3.  Aspek kesehatan Pernahkah kamu melihat hasil dari  sinar-X  ? itu merupakan salah satu manfaat dari pemanfaatan komputer diaspek kesehatan, contoh lainya adalah MRI ( Magnetic Resonance Imaging)  yang digunakn untu...

K3 Dalam Menggunakan Komputer

Keselamatan Kesehatan Kerja atau yang biasa disebut dengan K3 adalah upaya perlindungan yang ditunjukan agar tenaga kerja (pekerja) dan orang lain di tempat kerja atau perusahaan selalu dalam keadaan selamat dan sehat, serta agar setiap produksi dapat digunakan secara aman dan efisien (Kepmenaker Nomor. 463/MEN/1993). Pada hal ini saya akan sedikit mengulas mengenai dampak penggunaan komputer dalam bidang Kesehatan. Penggunaan komputer dalam proses kerja mempunyai banyak dampak positif, namun penggunaan komputer juga memiliki dampak negatif yang banyak pula (tergantung dengan pola tenaga kerja dalam berkerja sehari-hari) khususnya dalam bidang kesehatan.              ·         Dampak Positif 1.     Ditemukanya peralatan kedokteran canggih seperti pengukur tensi darah digital dan sinar-X. 2.     Alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak misalnya mata buatan, ginjal...