Langsung ke konten utama

Berkenalan dengan Unity 2017.4.11f1


      1.      Membuat projek baru
(Tampilan saat pertama kali membuka aplikasi Unity)
a.       Tampilan di atas merupakan jendela program Unity saat pertama kali dibuka, untuk membuat projek awal: klik pada tombol “New Project” untuk membuat/memulai projek baru.
b.      Kemudian isi field atau kolom tersedia dengan sesuai:
·   Project name     : nama projek yang akan dibuat
·   Location               : tempat projek akan disimpan
·   Template             : jenis projek yang akan dibuat
Setelah terisi semua, klik tombol “Create Project” untuk memulai.
      2.      Berkenalan dengan Unity
(Tampilan workspace projek dari aplikasi Unity)
a.       Membuat struktur projek tampak rapih
·   Untuk membuat folder projek menjadi tertata rapih, silakan masuk kedalam direktori projek aktif > Assets atau klik pada menu “File” lalu klik “Save Scene as ...”.

·   Setelah itu buatlah dua (2) buah folder (folder tanpa isi) dengan nama Scripts dan Scenes, nama folder dapat ubah-ubah sesuai keinginan. Dua (2) folder tersebut dibuat agar setiap resource yang akan digunakan di dalam projek dapat ditempatkan sesuai dengan tempatnya masing-masing.
·   Pada gambar di atas folder dibuat dengan cara klik pada menu “File” lalu klik “Save Scene as ...”. Pada gambar tersebut file scene (agar rapih) disarankan untuk menyimpanya kedalam folder “Scenes”, dengan nama “Intro Unity” (nama dapat diubah sesuai keinginan).
·   Maka akan didapatkan tampilan folder Assets pada projek Unity sebagai berikut:
b.      Membuat sebuah file C# Scipt di dalam folder Scripts.
·         Langkah 1 : Klik pada menu Assets
·         Langkah 2 : Pilih(double klik) folder “Scripts” (karena yang akan dibuat/disimpan merupakan file script kode bukan scene).
·         Langkah 3 : Klik kanan pada area kosong dalam folder “Scripts” lalu pilih opsi “Create” kemudia pilih “C# Scipt”.
c.       C# Script pada Unity
·   Setelah melakukan proses di atas (sebelumnya), maka akan muncul sebuah file C# Scipt di dalam folder “Scripts”, selanjutnya silakan beri nama pada file script tersebut (nama dapat diubah sesuai keinginan). Lalu bukalah file C# script tersebut dengan cara double klik atau klik kanan > open pada file C# scriptnya.
·   Akan terbuka editor yang memuat isi dari file C# script tersebut (default editor yang dipilih oleh aplikasi Unity adalah MonoDevelop, namun dapat diubah sesuai keinginan)
o   Pastikan nama class telah sama dengan nama file pada file C# script.
o   Fungsi Start() akan dieksekusi hanya satu (1) kali setelah dijalankan
o   Fungsi Update() akan dieksekusi secara terus-menerus setelah program dijalankan hingga program dihentikan
d.      Membuat program pertama dalam console window pada Unity
·   Editlah isi dari fungsi Start()  atau Update() file Hello_World (C# script), lalu tuliskan seperti gambar berikut:
 
o   Debug.Log merupakan perintah dasar untuk mencetak suatu teks atau isi dari variabel dalam  jendela console.
o   Isi dari Debug.Log dapat divariasikan sesuai dengan keinginan.
·   Simpanlah file Hello_World (C# script) tersebut lalu gunakanlah file Hello_World (C# script) tersebut pada “GameObject” () dalam hal ini adalah “Main Camera”.
o   Klik kiri tahan pada file Hello_World kemudia drag dan arahkan ke “Main Camera”.
o   Kegunaanya adalah untuk menggunakan/mengaktifkan file Hello_World yang telah dibuat tersebut ke dalam GameObject.
·   Jika berhasil maka file Hello_World akan terdaftar/ada di tab Inspector dari GameObject Main Camera seperti gambar di bawah:
·         Cobalah untuk menjalankan program dengan cara klik pada tombol Play.
o   Tombol play/stop digunakan untuk menjalankan/memberhentikan program
o   Tombol pause digunakan untuk memberentikan program setelah dijalankan
o   Tombol stop digunakan untuk debugging program
·         Setelah itu bukalah/klik pada “Console Window”, maka pesan teks yang sebelumnya ditulis pada file Hello_World(C# Script) akan muncul seperti gambar di bawah:
 
e.      Menggunakan variabel pada file C# Script
·   Modifikasi file Hello_World (C# Script) menjadi seperti berikut:
o   string merupakan salah satu jenis tipe data dalam bahasa C#, tipe data lainya yang dapat dicoba adalah int, char, float, enum, dan lainya.
o   Nama variabel dapat diubah sesuai keinginan namun tetap ada batasan dalam peenulisan nama variabel, seperti: tidak boleh ada karakter spasi ( ) atau diawali oleh angka.
·         Setelah file disimpan maka akan muncul teks dan isi dari variabel yang dibuat pada langkah sebelumnya
f.        Membuat program pertama pada tampilan game di Unity
·   Jika di langkah sebelumnya hanya mencetak teks pada jendela console, maka kali ini akan mencetak teks pada layar tampilan game, agar dapat dilihat oleh user/pengguna. Pertama modifikasilah file Hello_World (C# Script) yang telah dibuat menjadi:
o   Fungsi OnGUI merupakan fungsi untuk menampilkan user interfaces pada unity seperti label dan button
o   GUILayout.BeginArea(new Rect(15, 10, 150, 200)) merupakan perintah untuk membuat area dengan nilai x = 15, y = 10, lebar = 150 dan tinggi = 200.
o   GUILayout.Label(variabelBaru) merupakan perintah untuk menampilkan sebuah label dengan isi (value) diambil dari variabel “variabelBaru” yang sebelumnya telah dibuat.
·         Jika telah disimpan dan program telah dijalankan, akan mendapat output berupa pada gambar:
 

Point-point penting:
·         Dalam menggunakan/membuat kode C# Script diharapkan untuk memperhatikan kapital atau tidaknya huruf karena C# Script bersifat case sensitive.
·         Tipe data pada C# Script dapat bermacam misalnya : int, float, char, string, enum.
·         Editor script pada unity dapat diubah dengan cara masuk ke menu Edit -> Preferences -> Pilih External Tools -> Pilih Browse (kemudian cari file aplikasi (.exe) editor yang hendak digunakan).
·         Kode dalam C# Script hanya akan aktif/dijalankan jika telah digunakan ke GameObject di jendela Hierarchy.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Biografi Terbaik

Film Biografi adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. Pada dasanya, Film Biografi menceritakan tentang kejadian-kejadian yang dialami sang Tokoh dalam hidupnya, biasanya kehidupan sang tokoh dijelaskan secara lengkap sejak kecil sampai tua, bahkan beberapa film menjelaskan hingga sang tokoh meninggal dunia. Berikut Film Biografi Terbaik versi saya. 1.  The Imitation Game (2014) The Imitation Game adalah film cerita seru sejarah Britania Raya tahun 2014 mengenai Alan Turing, seorang matematikawan, logikawan, kriptoanalis, dan ilmuwan komputer Inggris, tokoh yang berperan penting dalam membajak kode Enigma Jerman Nazi yang membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II, ia kemudian dituntut secara pidana karena mengaku sebagai homoseksual. Film disutradarai oleh Morten Tyldum, dengan skenario d...

Komputer Ada Disemua Tempat

Komputer adalah sebuah alat yang dapat membantu meringankan ataupun  menggantikan  perkerjaan manusia. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “ Computare ” yang berarti “ Menghitung ”. Tetapi seiring perkembangan zaman, komputer tidak lagi hanya sebagai alat untuk menghitung. Tetapi digunakan diberbagai aspek kehidupan diantaranya : 1. Aspek pendidikan Misalnya penggunaan sistem E-learning dalam proses pembelajaran, adanya kelas-kelas/kursus secara online sampai pelaksaan ujian/tes berbasis komputer. 2.  Aspek transportasi Pada aspek ini contohnya adalah lampu lalu lintas, sistem GPS ( Global Positioning System ), penggunaan E-toll pada gerbang tol hingga sistem  auto pilot  di pesawat. 3.  Aspek kesehatan Pernahkah kamu melihat hasil dari  sinar-X  ? itu merupakan salah satu manfaat dari pemanfaatan komputer diaspek kesehatan, contoh lainya adalah MRI ( Magnetic Resonance Imaging)  yang digunakn untu...

K3 Dalam Menggunakan Komputer

Keselamatan Kesehatan Kerja atau yang biasa disebut dengan K3 adalah upaya perlindungan yang ditunjukan agar tenaga kerja (pekerja) dan orang lain di tempat kerja atau perusahaan selalu dalam keadaan selamat dan sehat, serta agar setiap produksi dapat digunakan secara aman dan efisien (Kepmenaker Nomor. 463/MEN/1993). Pada hal ini saya akan sedikit mengulas mengenai dampak penggunaan komputer dalam bidang Kesehatan. Penggunaan komputer dalam proses kerja mempunyai banyak dampak positif, namun penggunaan komputer juga memiliki dampak negatif yang banyak pula (tergantung dengan pola tenaga kerja dalam berkerja sehari-hari) khususnya dalam bidang kesehatan.              ·         Dampak Positif 1.     Ditemukanya peralatan kedokteran canggih seperti pengukur tensi darah digital dan sinar-X. 2.     Alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak misalnya mata buatan, ginjal...