Berikut ini adalah cara memberikan input pada aplikasi (game) yang dibuat dengan tools Unity. Input yang dimaksud adalah input berupa/melalui mouse dan keyboard.
1. Input Mouse
a. Membuat file script (C# Script)
· Langkah 1: klik kanan pada jendela project pada folder ‘Assets’ (dalam contoh di atas file script (C# Script) dibuat dalam folder’ Scripts’ agar project dapat tertata rapih).
· Langkah 2: Pilih ‘Create’.
· Langkah 3: Pilih ‘C# Script’.
· Jika kesulitan dengan langkah di atas dapat juga dengan menekan menu Assets à Create à C# Script.
· Kemudian namain file script tersebut dengan nama “InputMouse.cs” (nama file dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing). Maka hasilnya akan seperti berikut:
b. Modifikasi file script (InputMouse.cs)
· Setelah berhasil membuat file script (C# Script), selanjutnya buka file tersebut dengan editor (dalam kasus ini digunakan editor Notepad++)
o Baris 7,8,9 merupakan deklarasi variabel
o Baris 13 merupakan inisialisasi variable
o Perintah pada baris 19 berjalan jika user menekan(klik) kiri pada mouse
o Perintah pada baris 23 berjalan jika user menekan(klik) kanan pada mouse
o Nilai teks2 pada baris 27 akan selalu berubah sesuai dengan posisi mouse pada game
o Perintah pada baris 30,31 dan 35,36 berjalan jika user memainkan/menggunakan scroll pada mouse
o Fungsi OnGUI pada baris 44-51 berfungsi untuk menampilkan output berupa tulisan pada layar game
· Pastikan tidak ada error yang muncul pada jendela konsol
c. Gunakan file script pada GameObject
· Drag file ’InputMouse.cs’ ke dalam GameObject pada jendela ‘Hierarchy’ (pada kasus ini file ’InputMouse.cs’ digunakan pada GameObject MainCamera).
· Pastikan file ’InputMouse.cs’ telah ada pada jendela ‘Inspector’.
d. Jalankan program
· Langkah terakhir adalah mencobanya dengan menekan tombol ‘Start/End’ pada Unity dan cobalah untuk mengklik sesuatu pada layar game untuk melihat hasilnya.
2. Input Keyboard
a. Membuat file script (C# Script)
· Buat file script lalu berikan nama’ InputKeyboard.cs’ (dapat disesuaikan dengan keinginan). Jika berhasil maka hasilnya akan seperti berikut:
b. Modifikasi file script (InputKeyboard.cs)
· Setelah berhasil membuat file script (C# Script), selanjutnya buka file tersebut dengan editor (dalam kasus ini digunakan editor Notepad++) lalu modifikasi dengan kode sebagai berikut:
o Baris 7,8 merupakan deklarasi variabel
o Perintah pada baris 18 berjalan jika user menekan tombol “A” pada keyboard
o Perintah pada baris 22 berjalan jika user menekan tombol “B” pada keyboard
o Perintah baris 26 berjalan jika user menekan tombol yang sama yang telah dipilih oleh user melalui jendela Inspector
o Perintah pada baris 30 akan jalan jika ada tombol (pada keyboard) yang ditekan lebih dari 1 detik, sedangkan perintah pada baris 33 akan jalan jika tidak ada tombol yang ditekan
o Perintah pada baris 36 berjalan jika user menekan tombol yang telah ditentukan oleh tools (Unity), pada kasus ini default tombol untuk perintah ‘Fire1’ yang diberikan oleh Unity adalah tombol Ctrl (kiri) pada keyboard atau klik kiri mouse.
o Fungsi OnGUI pada baris 41-46 berfungsi untuk menampilkan output berupa tulisan pada layar game
· Pastikan tidak ada error yang muncul pada jendela konsol
c. Gunakan file script pada GameObject
· Drag file InputKeyboard.cs’ ke dalam GameObject pada jendela ‘Hierarchy’ (pada kasus ini file InputKeyboard.cs’ digunakan pada GameObject MainCamera).
· Pastikan file’ InputKeyboard.cs’ telah ada pada jendela ‘Inspector’. Lalu ‘Unchecklist’ pada InputMouse.cs, karena file script yang akan diuji/dijalankan adalah file script InputKeyboard.cs bukan InputMouse.cs
d. Jalankan program
· Langkah terakhir adalah mencobanya dengan menekan tombol ‘Start/End’ pada Unity dan cobalah untuk mengklik sesuatu pada layar game untuk melihat hasilnya.
Komentar
Posting Komentar