Sebelum masuk ke materi sekarang “Mengenal Array, Class dan Looping di Unity”, pertama-tama buatlah dua(2) buah folder bernama “Scenes” dan “Scripts” seperti yang pernah dilakukan pada materi “Berkenalan dengan Unity2017.4.11f1” sehingga (sewaktu-waktu membuat projek skala besar) file-filenya dapat tersusun lebih rapih lagi.
1. Array 1 Dimensi di Unity
a. Membuat file script (C# Script) dan diberi nama “BelajarArray” (nama file dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing)
i. Klik kanan pada area kosong dalam folder “Script”
ii. Pilih “Create”
iii. Pilih “C# Script”
(Tampilan file C# Script setelah selesai dibuat & diberi nama)
b. Double Click / klik dua (2) kali pada file tersebut (file BelajarArray), maka akan terbuka jendela editor seperti berikut:
(Jendela editor yang terbuka pada kasus ini adalah Notepad++, default jendela editor pada Unity adalah MonoDevelop)
c. Mengubah isi file “BelajarArray” menjadi:
i. Baris 8,9,10,11 dan 13 merupakan contoh deklarasi variabel dalam bahasa C# (C Sharp), variabel yang digunakan antara lain: integer, float, double, dan string.
ii. Baris 18, 23, 28 dan 33 merupakan proses inisialisasi variabel dengan string kosong(“”).
iii. Perintah dalam fungsi Start (baris 16 – 38) merupakan perintah untuk mengisi nilai variabel teks1, teks2, teks3 dan teks4 dengan menggunakan looping(for).
iv. Perintah dalam fungsi OnGUI (baris 45 – 52) merupakan perintah untuk mencetak nilai variabel teks1, teks2, teks3 dan teks4 berdasarkan isi array kedalam tampilan “Game”.
d. Menggunakan file “BelajarArray” pada game
i. Sebelum men-drag & drop file “BelajarArray” kedalam GameObject, pastikan file “BelajarArray” tidak mempunyai error (dapat dilihat dalam jendela Console [nomor 1])
ii. Setelah dipastikan tidak ada error, drag&drop file “BelajarArray” kedalam GameObject (dalam kasus ini adalah MainCamera)
e. Mengisi array di Menu Inspector pada GameObject MainCamera
i. Klik pada GameObject Main Camera pada jendela “Hierarchy”
ii. Pilih menu “Inspector” dan pastikan di sana terdapat file “BelajarArray”
iii. Variabel ‘size’ dalam file “BelajarArray” (pada menu Inspector) menyatakan panjang sebuah array
iv. Variabel ‘Element 0/1/2/…’ dalam file “BelajarArray” (pada menu Inspector) menyatakan isi dari masing-masing element pada array
f. Sampai pada tahap ini coba untuk menjalankan game dengan menekan tombol start
(Tampilan pada jendela Game saat game berhasil dijalankan, output mungkin berubah sesuai dengan inputan/ isi array pada menu Inspector)
2. Array Class di Unity
a. Membuat file script (C# Script) dan diberi nama “BelajarArrayClass” (nama file dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing)
(Tampilan file “BelajarArrayClass”)
b. Ubahlah file “BelajarArrayClass” yang baru dibuat dengan kode sebagai berikut:
i. Baris 8 – 11 merupakan perintah untuk membuat class baru dengan nama ‘Kelas’
ii. Baris 14 – 15 merupakan deklarasi variabel dalam bahasa C# (C Sharp)
iii. Baris 20 merupakan proses inisialisasi variabel dengan string kosong(“”).
iv. Perintah dalam fungsi Start (baris 21 – 23) merupakan perintah untuk mengisi nilai variabel teks dengan menggunakan looping(for).
v. Perintah dalam fungsi OnGUI (baris 31 – 36) merupakan perintah untuk mencetak nilai variabel teks berdasarkan isi array kedalam tampilan “Game”.
c. Menggunakan file “BelajarArrayClass” pada game
i. Sebelum men-drag & drop file “BelajarArrayClass” kedalam GameObject, pastikan file “BelajarArrayClass” tidak mempunyai error (dapat dilihat dalam jendela Console)
ii. Setelah dipastikan tidak ada error, drag&drop file “BelajarArrayClass” kedalam GameObject (dalam kasus ini adalah MainCamera)
d. Mengisi array di Menu Inspector pada GameObject MainCamera
i. Klik pada GameObject Main Camera pada jendela “Hierarchy”
ii. Pilih menu “Inspector” dan pastikan di sana terdapat file “BelajarArrayClass”
iii. Unchecklist (hilangkan tanda “checked”) pada file “BelajarArray” (karena file yang akan diuji saat ini adalah file “BelajarArrayClass”
iv. Variabel ‘size’ dalam file “BelajarArrayClass” (pada menu Inspector) menyatakan panjang sebuah array
v. Variabel ‘Element 0/1/2/…’ dalam file “BelajarArrayClass” (pada menu Inspector) menyatakan isi dari masing-masing element pada array
vi. Variabel ‘Index’ dan ‘Isi Array’ merupakan variabel yang berada pada class ‘Kelas’ yang dibuat dalam file “BelajarArrayClass”
e. Menjalankan game
(Tampilan pada jendela Game saat game berhasil dijalankan, output mungkin berubah sesuai dengan inputan/ isi array pada menu Inspector)
3. Mengulangi (Loop) fungsi di Unity
a. Membuat file script (C# Script) dan diberi nama “BelajarFungsiLooping” (nama file dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing)
(Tampilan file “BelajarFungsiLooping”)
b. Ubahlah file “BelajarFungsiLooping” yang baru dibuat dengan kode sebagai berikut:
i. Baris 7 merupakan deklarasi dan inisialisasi variabel dalam bahasa C# (C Sharp)
ii. Perintah dalam fungsi Start (baris 11) merupakan perintah untuk memanggil fungsi bernama “Hitung” dengan interval waktu sebanyak 2 detik dan dimulai saat detik pertama (detik ke-1) pada saat game dimulai
iii. Fungsi Hitung digunakan untuk menambahkan nilai (value) dari variabel ‘hitungMaju’ sebanyak +1.
iv. Perintah dalam fungsi OnGUI (baris 23 – 27) merupakan perintah untuk mencetak nilai variabel teks berdasarkan isi array kedalam tampilan “Game”.
c. Menggunakan file “BelajarFungsiLooping” pada game
i. Sebelum men-drag & drop file “BelajarFungsiLooping” kedalam GameObject, pastikan file “BelajarFungsiLooping” tidak mempunyai error (dapat dilihat dalam jendela Console)
ii. Setelah dipastikan tidak ada error, drag&drop file “BelajarFungsiLooping” kedalam GameObject (dalam kasus ini adalah MainCamera)
d. Mengecek file “BelajarFungsiLooping” pada menu Inspector
i. Klik pada GameObject Main Camera pada jendela “Hierarchy”
ii. Pilih menu “Inspector” dan pastikan di sana terdapat file “BelajarFungsiLooping”
iii. Unchecklist (hilangkan tanda “checked”) pada file “BelajarArray” dan “BelajarArrayClass” (karena file yang akan diuji saat ini adalah file “BelajarFungsiLooping”
iv.
e. Menjalankan game
(Tampilan pada jendela Game saat game berhasil dijalankan, output (angka) akan berubah setiap 2 detik)
Komentar
Posting Komentar